Saturday, August 19, 2017

IRT Tanpa ART

Assalamulaikum warrahmatullahi wabarrakatuh,,, drama kehidupan ibu-ibu rumah tangga dimulai saat pulang mudik, itulah yang sering saya dengar dulu dari beberapa teman yang menikah duluan, balada emak-emak tanpa ART katanya. Awalnya saya berfikir “,,,ah lebay” atau “masa sih sebegitunya?” dan banyak pemikiran lain yang menyepelekan hal itu, sampai akhirnya terjadilah pada saya di bulan Syawal ini, teteh nggak balik lagi kerja dirumah (HUUAAAAAA ingetnya aja bikin galaw).

Dengan alasan usia kandungan yang makin tua, ukuran perut yang makin besar membuatnya sulit untuk cuci piring dan nyetrika, jadilah teteh memutuskan resign setelah hampir lebih dari setahun menemani kami dirumah. Teteh itu bukan sekedar ART bagi saya, dia itu kaya adek dan temen selama disini (nggak tau juga dia nganggepnya sama atau gimana hehee), dia banyak mengajarkan saya tentang banyak hal, cara ngurus bayi, resep masakan tradisional sini, juga cara bikin kue dan banyak lainnya. Kami berbagi banyak hal, ngobrol ngalur ngidul dan yang pasti bisa saya titipin Syams kalau lagi mau nyuri-nyuri me time di skincare huehehe.

Sampai sekarang saya nggak tahu nama asli teteh, dia hanya memperkenalkan dirinya sebagai teh Jun, yang sering saya saimbarakan ke teman-teman siapa kah nama lengkapnya lalu diikuti dengan jawaban Kim Hye Jun, Park Jun Min dan berbagai nama Korea lainnya. Usianya sama dengan adek saya yang pertama sekitar 25 tahunan, Teh Sofi nama anaknya yang sekarang kelas 2 SD sering diajak main kerumah untuk sekedar nonton Disney Channel atau ikutan momong Syams. Saat–saat itu adalah zona nyaman saya sebagai IRT di Cilegon.

Nah sejak teteh nggak ada mulai lah terasa managemen waktu saya yang buruk, terbiasa akan kehadiran teteh bikin saya abai dibeberapa hal, merasa punya tim selama ini bikin saya kesulitan awalnya untuk mengerjakannya sendiri, sampai akhirnya saya meriang huhuu,,,.

Setelah mulai terbiasa dengan kondisi tanpa ART ini, manajemen waktu mulai tertata, ternyata ada satu yang masih numpuk, baju bersih yang nunggu disetrika jreng.. jreng.., prasaan udah dicicil tapi yaa kok nggak abis-abis, dan malah makin banyak,, males dan gemes liatnya.

Memulai belajar ngaji dan merintis bisnis rumahan disaat kondisi rumah belom stabil, berakibat stress dan meriang, mulailah saya mencari another “teteh” untuk sekedar nyetrika seminggu 1 atau 2x, alhamdulillah nya ketemu, tapi so far belom klik kaya teteh dari segi kerjaan, harga dan kedekatan emosional, tapi mudah-mudahan awet sama ART baru ini. Dan kayaknya istilah you never know what you have got till its gone itu bener-bener terjadi, semoga lancar lahirannya ya teh, sehat ibu dan bayik nya daaan ditunggu lagi dirumah (ngarep hihiii).

No comments: