Sunday, January 15, 2017

Apakah Yakult Bisa Menyembuhkan Diare?

Assalamualaikum,, masih semangat mau share tentang kejadian yang baru ajah dialami minggu kemarin. Pagi itu saya bangun dengan nggak enak badan, berat, pegel dan berasa lalungse kalau orang bandung bilang, padahal sehari sebelumnya saya nggak habis ngerjain project DIY atau bebenah taman, terus minta dikerokin sama si teteh dan hasil dari nahan sakit ples geli kerokan itu punggung merah ungu semua, sempet foto dan dikirim ke suami buat laporan istrinya meriang, awalnya dikira masuk angin biasa dan bakal baikan sesaat setelah dikerok, balur minyak kayu putih, minum teh manis dan tidur sebentar, tapi ya kok malah kebablasan, badan makin remuk rasanya, ngga kuat ngapa-ngapain sholat aja sambil duduk, duh kenapa nih apa mau flu yaa.

Sampai besoknya saya malah diare, muntah-muntah dan berhasil ngurangin BB sampe 3 kilo kalau diniatin olahraga malah ngga pernah turun hehe, lemes banget udah nyoba minum diapet, minum jus jambu, teh pait tapi tetep nggak bisa ngurangin melilit dan bolak-balik kamar mandi. Buat ngurangin lemes saya minum trolit serbuk mirip oralit hanya kandungannya lebih lengkap dan rasanya lebih enak, tapi perut masih melilit dan frekuensi BAB juga masih sering. Akhirnya iseng googling penyebab diare dan ternyata bangak banget yang salah satu penyebabnya adanya kuman atau parasit dalam usus, nah tiba-tiba saya inget Yakult karena denger usus “cintai ususumu minum yakult tiap hari” jargonnya juara berarti yah sampe terngiang-ngiang gini hehe. Kenapa iinget yakult, karena ingat bahwa kandungannya merupakan bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat di perut, lalu saya mulai googling “Apakah yakult bisa menyembuhkan diare?” ternyata banyak juga yang berfikiran seperti saya dan mencarinya di google. Setelah baca berbagai artikel dan sumber ternyata kesimpulannya bisa, bissmillah saya coba beli saja dulu dan minum, kalau dihari ke tiga masih melilit baru deh nyerah ke dokter. Alhamdulillah qodarullah saya sembuh setelah minum dua botol yakult agak mulai berkurang melilitnya, saya minum lagi satu botol siang hari dan satu botol sore harinya dan alhamdulillah berakhirlah diare ini. Untuk yang sedang diare dan mau coba juga yakult sebagai alternatif obat ada yang perlu diperhatikan 1. Sebaiknya minum setelah makan atau perut cukup terisi, karena rasa asam pada yakult takutnya malah bikim melilit 2. Lihat tanggal kadaluarsa pada kemasan, karena mengandung probiotik dan tanpa pengawet biasanya yakult diproduksi dalam batas waktu yang tidak terlalu lama 3. Baca dari artikel yang lalu, bakteri baik ini lebih efektif bekerja saat dingin, lebih enak juga sih rasanya kalau dingin menuruut saya.


Jadi kesimpulannya apakah yakult bisa menyembuhkan diare? Kalau saya sih iya. Tapi yaa memang betul kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, mendingan jaga kebersihan tangan dan makan biar nggak kena diare lagi deh daripada melilit 3 hari kaya kemaren. Semoga kita semua diberi kesehatan yang sempurna aamiin.

Ummu Syams
Cilegon 2017

No comments: