Thursday, October 24, 2013

Pasport 48 Halaman


Niatnya dari dulu tapi ternyata baru sekarang bisa bikin sampe berhasil,, iyaa soalnya yang dulu-dulu cuman sampe tahap isi form sama beli kulit pasport nya doang udah deh nggak berkelanjutan. Awalnya mau coba bikin via online di link ini, tapi nggak tahu kenapa gagal melulu jadi yaaa memang harus datang langsung. Karena kantor imigrasi dekat dengan kantor tempat saya bekerja’ jadi bisa dilakukan setengah hari. Pertama yang perlu dipersiapkan (1) Photocopy KTP yang masih berlaku di kertas A4 jangan digunting (2) Photocopy Kartu keluarga yang sudah ditandatangani kepala keluarga (soalnya yang saya punya belum, jadi bolak balik) (3) Pilih salah satu antara Photocopy Ijazah atau  Akta kelahiran (4) Untuk yang sudah bekerja menyertakan surat rekomendsi dari kantor (5) 2 Lembar form isian yang bisa diminta dikantor imigrasi pas di meja sebelah pintu masuk. Untuk yang berumur dibawah 17 tahun agak banyak tambahannya (6) Photocopy KTP kedua orang tua (7) Photocopy Passport orang tua jik ada (8) Photocopy buku nikah Orang tua (9) Surat pernyataan yang di tandatangani orang tua, ini juga di sediakan di kantor Imigrsi kita hanya cukup menyedaiakan Materai. Semua persyaratan dikumpulkan dan dimasukan kedalam map kuning dari petugas imigrasi kemudian kita terima resi pengambilan yang dijadwalkan 5 hari kerja kedepan.
Minggu depannya jadwal kedua itu untuk pembayaran, foto, scan sidik jari dan wawancara’ khusus untuk anak dibawah 17 tahun kedua orang tua wajib hadir saat wawancara’ dan karena alm bapa saya sudah meninggal jadi harus disertai surat kematian. Minta nomor antrian untuk pembayaran, dan nanti kita akan menerima no antrian dengan posisi di loket D. Harga pasport (terakhir kemarin tanggal 22 Oktober 2013) sebesar Rp. 255.000,-dan tidak perlu membayar untuk tambahan lain kecuali pembelian materai. Setelah bayar nanti akan dipanggil di loket I untuk foto dan wawancara (wawancara hanya seputar kelengkapan data, keabsahannya juga tujuan pasport untuk keperluan ke mana) setelah itu dapat resi kembali untuk pengambilan pasport 5 hari kedepan.
Untuk pengambilan kita akan diberikan no antrian diloket J dengan memberikan resi bukti pengembalian, menandatangan kertas pengambilan dan jadi deh. Walaupun terlihat mudah tapi adaa ajah berkas yang ketinggalan atau belum diisi, lupa beli materai dan jadi bolak balik.


Tips: Siapkan semua persyaratan dengan lengkap dan bawa dokumen asli saat wawancara untuk jaga-jaga. Bawa pulpen sendiri dari rumah juga materai. Disarankan untuk datang pagi sekali untuk ambil nomor antrian awal biar cepet juga pulangnya’ soalnya kalau datang nanggung jam set.8  misalnya nomor antriannya sudah maju sampai 50an dan ngantri cukup lama. Jangan lupa sarapan, juga baterai ponsel harus penuh atau bawa buku untuk dibaca selama menunggu.
Yuuuk kotorin pasport dengan cap berbagai negara =)

No comments: