Wednesday, December 2, 2015

Sholat Hajjat

Kadang suka malu sih kalau diinget-inget, jadi lebih rajin ibadah kalau “lagi ada maunya” yang seharusnya dibuat istiqomah malah naik turun, tapi bukannya iman seseorang itu  memang naik turun yaa (halasyaan) hehee.

Memangnya sekarang lagi mau apa mer? Banyaaak buanget kalau mau disebut, mulai dari lancarnya proses melahirkan nanti, rejeki yang dicukupkan untuk keluarga kecil kami, dijauhkan dari hutang dan riba, kesehatan orang tua kami yang jauh disana dan masih banyak lagi.

Terus untuk maksud yang banyak itu biasanya ada keinginan khusus yang kalau saking pengennya saya sampai rajin sholat hajjat, bener-bener minta sama yang punya skenario buat dikabul dan dimudahkan. Misalnya dulu untuk nyari kerjaan dan saat ingin nikah saya rajin banget shalat hajjat ini, plus ibadah tambahan (sunnah) yang lain biar urusan nya lancar.

Ini juga salah satu standar jawaban untuk teman-teman saya yang sering tanya kalau sedang ada masalah ragu, selain saya sarankan sholat istikhoroh yaa saya sarankan shalat hajjat juga. Mungkin ada yang merasa sulit atau berat untuk melakukannya, tapi kalau sudah tahu tata cara sholat hajjat gampang kok. Sholat hajjat bisa dilakukan kapan saja (kecuali waktu haram sholat yaa) baik pagi siang ataupun malam, tapi memang lebih utama ba'da sholat fardu (kecuali subuh, ashar) dan 2/3 malam.

Tata cara sholat hajjat ini sama dengan sholat 2 rakaat lainnya:

1.Niat (diucapkan dalam hati)
2. Mengucap Takbir (takbiratul ihrom) sambil mengucap niat bersmaan  dengan takbir
3. Membaca Do’a iftitah – Surat Alfatihah – Salah satu surat dalam Alqur’an (diutamakan Al-Kafirun 3x dirakaat pertama, dan ayat kursi 3x dirakaat ke2)
4. Ruku’
5. I’tidal
6. Sujud
7. Duduk antara 2 sujud
8. Sujud ke-2
9. Berdiri untuk raka’at kedua, kemudian membaca fatihah – surat alqur’an (yang telah dihafal) lanjutkan seperti pada raka’at pertama setelah 2 raka’at akhiri dengan SALAM

Untuk niat dan doa setelah sholat bisa dikllik disini

Semoga dengan memperbanyak sholat hajjat, semua keinginan, niat, maksud dan tujuan baik kita dimudahkan dan diberkahi Allah SWT aamiin. Selamat mencoba!

No comments: