Wednesday, September 5, 2012

Mendung


Mendung itu bernama perpisahan,, berpisahnya seorang anak dari sang ibu, cucu dari sang kakek, atau bahkan istri dari suaminya’ gelap dan menyedihkan.

Kemarin malam sepulang kerja
Me : “Assalamualaikum”
Mamah : “Waalaikumsalam,, merr adiknya ibu tetangga sebelah meninggal”
Me : “Innalillahi” *berfikir sejenak

Sudah banyak ibu-ibu dan bapak-bapak yang datang, tapi belum begitu terdengar lantunan Yaasin, yang saya heran adalah sampai pulang' rombongan ibu-ibu tadi bahkan tidak mendokan, bukankah kewajiban kita sebagai muslim untuk memandikan, mengafani, men-sholati, dan menguburkan jenazah, yang setahu saya memang hukumnya Fardu Kifayah (Bila pekerjaan itu ditinggalkan berdosalah semua orang Islam di negeri itu tetapi bila ada di antara mereka ada yang mengerjakannya, maka sekalian umat Islam di negara itu lepaslah dari dosa.) tapi bukankah ada baiknya kita ikut mendoakan?.

Ini bukan pertama kali saya berurusan dengan hal-hal seperti ini,, almarhum bapak saya meninggal sejak saya SMA, dan saya kurang ingat tentang jumlah orang yang pernah saya sholati jenazahnya,, karena itu kewajiban kita sesama muslim kan? Minimal ikut men-sholati dan mengantarnya hingga kubur.
Banyak yang enggan ikut sholat jenazah karena tidak tahu, dan takut salah “niatnya ajah nggak tahu gimana” padahal gampang.
  1. Berniat, niat shalat ini, sebagaimana juga shalat-shalat yang lain cukup diucapkan didalam hati dan tidak perlu dilafalkan.
  2. Takbiratul Ihram pertama kemudian membaca surat Al Fatihah.
  3. Takbiratul Ihram kedua kemudian membaca shalawat atas Rasulullah SAW minimal :“Allahumma Shalli ‘alaa Muhammadin” .
  4. Takbiratul Ihram ketiga kemudian membaca do’a untuk jenazah minimal:“Allahhummaghfir lahu warhamhu wa’aafihi wa’fu anhu”.
  5. Takbir keempat kemudian membaca do’a minimal:“Allahumma laa tahrimnaa ajrahu walaa taftinna ba’dahu waghfirlanaa walahu.”
  6. Mengucapkan salam

Cukup mudahkan? atau kalau memang merasa bingung ikuti saja imam, karena kita kan berjamaah, Jadi lain kali saat ada kerabat yang meninggal,, jangan menolak ikut sholat mayit Wassalam... :)


No comments: