Monday, June 27, 2016

Resep Donat Kentang

Assalamu'alaykum

Seneng deh Ramadhan sekarang di rumah nggak sepi kayak Ramadhan tahun lalu, ada bayi dan si  teteh (asisten rumah tangga saya sekarang) plus anaknya yang masik TK. Mereka hampir tiap hari kerumah kecuali minggu karena libur.

Beberapa hari yang lalu kami praktek bikin Donat Kentang resep teteh yang dimodifikasi sana sini biar lebih enak, kebetulan mau buka bersama di rumah tante dan niatnya memang mau bawa sesuatu. Ini Resep Donat Kentang ala Mama Syams

Bahan:
1 kg tepung terigu
½ kg kentang (rebus kupas)
6 sendok makan gula pasir
1 bks mentega (saya pakai blueband)
11 gr Fernipan (1 bungkus skali pakai)
½ sendok teh baking soda
Minyak untuk menggoreng

Topping :
Mentega
Meses coklat
Keju
Abon
Gula halus

Cara membuat:
Campur telur mentega dan gula sampai pucat, lalu masukan kentang yang sudah direbus dan di lumatkan, fernipan dan baking soda, lalu terigu sampai kalis, diampan hingga mengembang kira-kira 30 menit, cetak donat lalu diamkan mengembang kembali, goreng dan beri  toping.





Untuk resep tadi saya bisa dapat sampai 150 – 200 buah donat. Banyak banget memang untuk resep percobaan ini, tapi alhamdulillah tetangga bisa ikut nyicip juga, dan bisa dibawa untuk acara buka bersama beberapa hari setelahnya. Rasanya enak bener deh bukan karena bikinan sendiri, tapi yaa memang enak, bahkan tanpa toping pun enak, makan langsung setelah goreng apalagi  hehee.


FYI: adonan ini nggak harus langsung habis kok, bisa disimpan dalam kulkas dalam bentuk adonan, jadi saat mau d goreng cetak lagi, tunggu mengembang lagi, kemudian goreng. Selamat mencoba!

No comments: