Sunday, May 27, 2012

Pesona Cleopatra


Siapa yang ngga kenal Cleopatra,, sang ratu cantik dari Mesir
Ratu tercantik saat itu dengan Pesona yang bisa menaklukan pria-pria besar dari Romawi (Julius Caesar dan Mark Antony), Kehebatannya memegang tahta di Mesir, kisah hidupnya yang tragis dan banyak hal yang baru saya tahu tentang sang ratu yang ingin saya bagi.
Cleopatra yang sering kita lihat itu adalah satu dari tujuh Cleopatra yang pernah ada, dia Cleopatra terakhir. sebetulnya Cleopatra berdarah Yunani namun lahir dan besar di Alexandria karena ayahnya memerintah di Mesir, tahta yang jatuh padanya membuat hidup Cleopatra dibayangi oleh kecemburuan saudara-saudaranya, pernah juru cicip makanannya meninggal setelah mencoba memakan makanan sang Ratu. Menikahi adik kandungnya Ptolemeus, merupakan hal lumrah saat itu demi mempertahankan tahta.
Bukan hanya kecantikan parasnya yang selalu di bicarakan, tapi Cleopatra terkenal akan pesonanya saat berdialog, kecerdasannya dalam mengambil keputusan, keahlian berbahasanya yang bisa berbicara dalam banyak bahasa sehingga orang yang diajaknya berbicara akan dengan mudah terbawa dan mengikuti kenginginan sang Ratu, Naaah seharusnya ini yang bisa diambil dari seorang Cleopatra.
Akhir hidupnya yang tragis sering menjadi inspirasi bagi para seniman, baik melalui Lukisan contohnya Guido Cagnacci yang melukis tentang kematian Cleopatra pada tahun 1658, Film yg dibintangi Elizabeth Taylor sebagai Cleopatra dalam film Cleopatra tahun 1963, juga Drama yang dibuat oleh William Shakespeare tahun 1906. Banyak kisah menyatakan bahwa dia membunuh dirinya sendiri dengan memasukan tangannya ke dalam guci berisi buah ara yang diselipkan cobra berbisa, tapi ada juga pendapat bahwa dia menginginkan kematian yang cepat sengingga meminum racun dan tidak merusak kecantikannya.

No comments: