Tuesday, May 17, 2016

Serba Salah

Assalamualaikum
Alhamdulilah setelah demam karena kecapean kemarin dan sekarang udah seger lagi, bayi tidur dengan lelapnya, bisa deh posting pengalaman empat bulan ini jadi mama baru.
Hampir semua teman-teman saya yang notabenenya adalah mama baru ngalamin hal begini “SERBA SALAH” saya juga nggak mau ketinggalan punya seabreg pengalaman serbasalah serupa. Kamu pernah juga nggak sih? Apa malah sering bikin mama baru jadi serba salah? Hehee kalo iya mudah-mudahan jangan terulang lagi deh.


Perasaan semacam itu sering muncul saat bertemu teman, saudara, tetangga bahkan orang asing yang baru dikenal. Tiba-tiba saja mengeluarkan statment “mba anaknya kepanansan tuh topinya buka aja” padahal dia nggak tahu si bayi abis didalem mobil yang ac nya dingin. Terus saat ngajak si bayi pergi sama neneknya tanpa topi “topinya mana? Kasian nanti kedinginan” seba salah momment banget.


Pernah juga ada tetangga yang komentar “aduh anak bayi udah dibawa pergi-pergi, kasian mbak debu” saat saya lewat depan rumahnya untuk belanja, dan dirumah memang nggak ada siapa-siapa buat jagain. Eh besoknya tetangga depan rumah “nggak pernah keliatan nih bayinya, dikerem melulu, nggak diajak jalan-jalan” yang hanya saya balas dengan senyuman. 


Basa basi yang malah bikin baper (apa emang sayanya aja yang baperan hehe), awalnya sih baper banget sampai sering ngadu sama suami, tapi lama kelamaan entah terbiasa atau mulai kebal, semua statment serba salah macam tadi mulai hilang dan meluntur pengaruhnya, dan lama-lama malah sudah bisa ditebak kalau gini pasti nanti di komenin gini, kalau gitu nanti dikomenin gitu hehehe. Mulai relax dan nggak ambil pusing lagi.





Dear mama lama (mungkin saya dimasa depan) : difikirkan kembali apa yang mau disampaikan, bikin drop, apa bikin bingung, atau nambah ilmu yang diajak ngobrol. Nggak semua yang terjadi sama bayi kita dulu harus dialami bayi lain kan? Semua anak berbeda.
Dear mama baru (yang mana adalah diri sendiri): lakukan saja yang terbaik buat bayimu, dan jangan terlalu pikirin kata orang, apalagi yang negatif, tapi untuk nasihat nasihat membangun boleh kok dipraktekin. Intinya jago-jagolah memfilter.

No comments: