Tuesday, December 17, 2013

Suntik Meningitis

Salah satu syarat berkunjung ke Saudi Arabia itu harus divaksin meningitis dan kemarin saya sekeluarga datang ke Husein Sastra Negara untuk divaksin.
Tiba saat jam istirahat makan siang jadi semua petugas masih tidak berada ditempat dan kami hanya mengisi form pendaftaran sambil melengkapi persyaratan untuk divaksin, selain mengisi form kita juga diminta membawa photocopy passport dan foto ukuran 4 x 6 untuk bagian administrasi. Setelah menunggu hampir 4 jam kami akhirnya dipanggil pertama untuk di tensi darah dan suhu tubuh, setelah itu di test urine, karena ada kontra indikasi dari vaksin ini untuk wanita hamil dan orang yang sedang demam, sebelum disuntik kami diberikan sedikit informasi tentang meningitis, kenapa harus dan apa gunanya.
Mekah Madinah adalah kota tujuan umat muslim sedunia untuk melakukan ibadah Haji dan Umroh, juga muslim dari Afrika yang memiliki bawaan virus penyakit yang menyerang selaput otak manusia, penyebarannyapun bisa melalui air ludah naah kebayang dong dengan perbandingan tinggi badan orang afrika yang hampir dua kali tingginya orang Indonesia, besar kemungkian kita terciprat air ludah mereka saat kita tawaf dan berbicara, jadi antisipasinya yaa harus suntik meningitis ini, sebetulnya disarankan untuk vaksin lain seperti flu tapi karena biayanya cukup mahal jadi kami hanya mengambil yang wajibnya saja heee,, biaya untuk vaksin kemarin total Rp 330.000 (Rp 260.000 untuk vaksin, Rp 25.000 untuk tes urin Rp 15.000 untuk pendaftaran dan Rp 30.000 untuk biaya buku kuning yang nantinya diberikan ke pihak tour and travel). Itu sekilas yang disampaikan oleh dokter bandara yang namanya saya lupa hehee.
Vaksin ini tahan hingga 2 tahun kedepan dan ada beberapa orang yang mengalami demam, pegal atau malah biasa saja setelah dimasukan vaksin ketubuhnya, saya dan adik perempuan saya termasuk yang pegal-pegal tapi selebihnya biasa saja, semoga imun kami cepat terbentuk dan bisa beribadah dengan lancar aamiin.

No comments: